Selasa, 20 September 2011

5 Masalah Umum Lensa (dan Solusinya)

1. Flare (Refleksi Sinar)
MASALAH :
Menangkap sumber cahaya yang terang dalam frame atau membiarkan pancaran cahaya jatuh di bagian depan akan menghasilkan gambar dengan bintik transparan di beberapa tempat. Pada viewfinder juga tampak garis poligonal yang bisa menggangu hasil akhir foto.

SOLUSI :
Cegahlah cahaya jatuh di bagian depan dan menggunakan lensa hood. Jika tidak ada atau masih kurang efektif, letakkan tangan atau kertas di tepi bagian atas lensa untuk melindungi cahaya masuk.

2. Garis Vertikal Menyempit
MASALAH :
Biasanya terjadi jika memotret gedung tinggi dari bawah dengan menggunakan lensa wide-angle standar. Dengan mengarahkan kamera keatas, akan terlihat distorsi perspektif, dimana bagian bawah gedung lebih besar daripada bagian bawahnya.

SOLUSI :
Jika tidak suka dengan efek ini, maka yang mampu menghilangkannya adalah penggunaan lensa tilt-and-shift khusus yang mahal atau menggunakan software pengolah foto.

3. Distorsi Cembung
MASALAH :
Gambar tampak cembung dengan bagian tengah yang tampak lebih besar dari bagian lainnya.

SOLUSI :
Mundurlah beberapa langkah dari objek dan lakukan zoom-in. Distorsi yang tak terlalu kentara juga bisa diperbaiki dengan tool Lens Correction Photoshop.

4. Difraksi Lensa
MASALAH :
Meski sudah menggunakan teknik yang baik, detil pada gambar tetap tidak tampak maksimal. Ini mungkin disebabkan karena lens diffraction. Hal ini ditimbulkan oleh pengaturan apertur yang kecil dengan maksud untuk mendapat depth of field yang lebih baik, tapi hasilnya gambar justru tampak lebih halus dan kurang jelas.

SOLUSI :
Sedapat mungkin hindari menggunakan nilai f (diafragma) terbesar dengan lensa ini.

5. Vignetting
MASALAH :
Cirinya dari efek ini adalah bagian sudut frame tampak gelap. Efek ini tampak jelas saat memotret langit cerah. Masalah ini biasanya dikaitkan dengan lensa wide-angel, padahal hal ini juga bisa diantisipasi bila memotret dengan kamera full-frame karena diameter kamera berfungsi secara maksimal. Vignetting juga bisa dimanfaatkan sebagai efek kreatif dan membantu menonjolkan perhatian ke bagian tengah frame. Manfaatkan efek ini pada foto portrait.

SOLUSI :
Coba lakukan sedikit zoom-in pada objek atau dengan tool Lens Correction pada Photoshop.




5 Masalah Umum Lensa (dan Solusinya) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar