Rabu, 21 Desember 2011

Membuat Aplikasi Statistika Sederhana Menggunakan Java dan Netbeans

Akhirnya bisa posting diblog lagi setelah sekian lama tenggelam ama kuliah dan UTS. :P

Nah dipostingan kali ini saya bakalan ngebahas bagaimana membuat suatu aplikasi sederhana (ih, kenapa mesti pake sederhana, yang duluan Kalkulator juga pake sederhana) yang bisa menghitung nilai rataan,banyak dan jumlah data, menentukan nilai minimum dan maximum serta standar deviasinya.

APlikasi ini saya namakan Simple Statistic Application (ah sama aja ma Program Kalkulator Sederhana cuma namanya doank yang beda coz pake bahasa Inggris. wuuh). Kalo sebelumnya saya membuat dalam bahasa C#.Net dan menggunakan MS Visual Studio, kali ini saya membuat menggunakan bahasa Java dengan bantuan Netbeans 6.5. Nih screen capture dari aplikasi yang saya buat.

Aplikasi Statistik Java

Contoh Aplikasi Java

Kamu juga bisa mengunduh source code dari aplikasi ini, download di sini.

Untuk membuat aplikasi tersebut cukup mudah, apalagi dibantu menggunakan Netbeans.

Seperti yang saya bilang di atas, aplikasi ini mempunyai beberapa fungsi yaitu menghitung banyak dan jumlah data, rataan, nilai maksimum dan minimum serta standar deviasi. Data yang dapat dimasukan banyaknya tidak terbatas (pegel dah tuh tangan :P).

Nah trus cara bikinnya gimana?? Tenang, saya akan bahas sedikit bagaimana cara pembuatannya.

Pertama, kamu siapkan “peralatan tempur” yang akan dipake yaitu sebuah komputer dengan JDK 1.6+ dan Netbeans 6+ yang sudah terinstal.

Lets start…

Selengkapnya : syamsulbachri.co.cc

Technorati Tags: ,,

Membuat Aplikasi Statistika Sederhana Menggunakan Java dan Netbeans Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar