Senin, 16 Januari 2012

10 Cara Memata-Matai Kompetitor Anda !


Meski tidak terlihat secara kasat mata, namun Anda patut mewaspadai langkah-langkah yang dilakukan oleh para kompetitor. Cara yang mereka lakukan memang tidak berbahaya, namun dengan diam-diam bisa jadi mereka sudah meluncurkan produk atau layanan yang bakal mengganggu bisnis Anda.

Atau mungkin sebaliknya mereka menderita lantaran keuntungan yang sudah Anda ambil. Kendala terbesarnya bukanlah pada kompetisinya. Namun lebih kepada hal-hal yang tidak Anda ketahui. Untungnya, masih ada perangkat bernama internet yang bisa digunakan untuk melacak apa yang sedang dikejar oleh para kompetitor Anda. Simak 10 cara untuk memonitor pesaing Anda di bawah ini.

Watch: Ad Spending

SpyFu memiliki layanan yang hebat dan gratis untuk mencari informasi berapa besar dana yang telah dibelanjakan oleh para kompetitor untuk keyword ads dan untuk keyword apa. Anda juga bisa melihat bagaimana perubahan budget tersebut. Sebaliknya, SpyFu juga dapat menginformasikan siapa saja yang beriklan dengan kata kunci yang spesifik sehingga bisa mendefinisikan pesaing mana saja yang merupakan penantang terberat.

Watch: Twitter

Akhir-akhir ini semua orang berbicara lewat Twitter. Mereka bisa jadi membicarakan tentang Anda dan pesaing-pesaing Anda. Untungnya, sangat mudah untuk melihat tabs berdasarkan apa yang sedang mereka gunjingkan. Twitter memiliki fitur real-time search yang bisa digunakan untuk memperhatikan keyword dan menemukan Tweets baru. Pencarian juga tersedia lewat RSS feeds yang akan mempermudah pemantauan terhadap apa yang sedang orang perbincangkan.

Watch: Blogs

Sebagai penambah dari Twitter, menyimak apa yang sedang dibicarakan orang lain lewat blog adalah sebuah ide yang cukup brilian. Mesin pencari blog Technorati adalah salah satu caranya. Technorati mampu bekerja untuk menemukan postingan baru dengan cepat dan Anda bisa menyunting hasil pencarian berdasarkan kualitas blog. Search result bisa dilihat dalam format RSS. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan BlogPulse Conversation Tracker. Mereka memiliki layanan untuk memperlihatkan postingan via threading dan bagaimana conversation menyebar melalui blogosphere.

Watch: Bookmarks

Anda harus menyimpan semua tabs di bookmarks. Karena ini adalah cara terbaik untuk menemukan berita dan cakupan blog dengan konten terkait. Ini adalah hal yang paling penting yang patut Anda perhatikan. Sekali lagi Anda beruntung berkat hadirnya Delicious yang berguna untuk melihat apa saja yang dibookmark oleh orang terkait dengan kompetitor Anda. Contohnya, berikut adalah bookmark terakhir tentang Apple. Masing-masing halaman tag memiliki RSS feed.

Watch: Forums

Dengan menggunakan BoardTracker maka Anda bisa menyimpan tags tentang apa yang orang-orang katakan mengenai kompetitor Anda di lebih dari 37.000 forum yang merepresentasikan lebih dari 63 juta threads. BoardTrack juga memiliki built in Alerts function. Namun Anda juga bisa meng-custom sendiri alerts tersebut dengan menggunakan RSS dan fungsi pencari di situs. Pastikan untuk periode waktu yang Anda cari jadi Anda bisa mendapat hasil pencarian paling baru mengenai pesaing Anda.

Watch: Job Posting

Apakah Anda sedang dan kompetitor sama-sama sedang mencari tenaga yang handal untuk mengisi posisi penting di perusahaan? Seringkali, postingan pekerjaan menawarkan petunjuk tentang rencana ekspansi atau strategi yang sedang dipersiapkan oleh pesaing Anda. Coba gunakan classified agregator seperti Oodle, yang akan melacak ke berbagai situs pekerjaan. Anda bisa membuat tabs untuk semua posisi yang sedang diincar oleh kompetitor. Misalkan Oodle memberi informasi tentang lowongan pekerjaan di Digg. Nah, Anda tinggal mengikuti semua perubahan lewat RSS.

Watch: New Hires

Sama seperti di atas, LinkedIn bisa digunakan untuk memata-matai siapa saja yang dipekerjakan oleh kompetitor Anda. Apakah mereka telah menyewa tenaga baru yang handal sebagai teknisi atau bahkan seorang tenaga pemasaran dengan seabrek relasi? Sayangnya, LinkedIn tidak memiliki layanan RSS untuk section new hires, jadi Anda hanya bisa melihatnya secara manual. .

Watch: Wikipedia

Salah satu halaman yang bisa digunakan untuk memata-matai pesaing Anda lewat Wikipedia entry. Gunakan tool “Revision History”-yang memiliki fitur RSS feed, sehingga Anda bisa mendapat peringatan saat perubahan terjadi pada halaman wikipedia milik mereka.

Watch: Keywords

Compete Search Analytic sangat berguna untuk memata-matai pesaing. Anda bisa melihat bagaimana peringkat situs mereka berdasarkan kata kunci dan Anda juga dapat menyimak keyword apa yang mendatangkan traffic di situs tersebut. Semua akan bermanfaat untuk merencanakan budget iklan Anda.

Watch: Their Website

Yang terakhir, sebetulnya Anda juga wajib untuk memperhatikan situs milik kompetitor. Kadangkala, perubahannya tidak terlihat signifikan. Selain mendaftar di blog mereka dan press release feed, menset alerts lewat Versionista juga akan berguna. Mereka bisa mendeteksi perubahan di berbagai situs dan kemudian membandingkannya side by side.

Punya cara yang berbeda? Silahkan berbagi metode jika masih ada cara yang lain lewat kolom comment di bawah ini.

10 Cara Memata-Matai Kompetitor Anda ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar