Jumat, 10 Agustus 2012

Contoh Laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri)

type='html'>

[lembar pertama]
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
[isi dengan nama perusahaan]



[Logo Sekolah]

Di Susun Oleh :
Nama : ....
Nis : ....
Bidang Keahlian : ....
Program Keahlian : ....

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 
[isi dengan nama sekolah]
TAHUN PELAJARAN 20../20..
[alamat sekolah]



[lembar kedua]
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Praktek kerja Industri (PRAKERIN) ini di ajukan sebagai bukti kegiatan di industri selama kurang lebih tiga bulan mulai dari [tanggal mulai PKL] sampai dengan [tanggal selesai PKL]. Laporan ini di buat dan disahkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan bentuk pertanggung jawaban siswa terhadap pihak sekolah dan pihak sekolah.
[nama kota, tanggal/bulan/tahun]
Mengetahui / Menyetujui
KEPALA SEKOLAH
[nama]
NIP :
PIMPINAN INSTANSI
[nama]
Direktur
GURU PEMBIMBING
[nama]
NIP : 
KETUA JURUSAN
[nama]
NIP : 

[lembar ketiga]
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas campur tangan-Nya sehingga penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN) dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di [nama perusahaan].
Dengan ini penulis bertima kasih kepada kepala instansi yang selama kurang lebih 3 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN). Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: Kepala SMK [nama sekolah] dan dewan guru lainnya.
Akhir dari kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini tersebut.
[nama kota, tanggal/bulan/tahun]
Penulis



[lembar keempat]

DAFTAR ISI
Sampul Depan / Halaman Judul ……………………………………………...
i
Lembar Pengesahan ………………………………………………………….......
ii
Kata Pengantar ………………………………………………………………......
iii
Daftar Isi ………………………………………………………………………….
ix
BAB 1 PENDAHULUAN ………………………………………………………
1
1.1 Latar belakang ………………………………………………………..
2
1.2 Tujuan …………………………………………………………………
3
1.3 Manfaat ……………………………………………………………….
3
BAB 2 LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI (PRAKERI) …………………….
4
BAB 3 LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN) …………………………………………………………………….
9
BAB 4 PENUTUP ………………………………………………………………..
12
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………….
12
4.2 Saran ……………………………………………………………………
12
LAMPIRAN-LAMPIRAN
----------------------------------------------------------------------------------------------



[lembar kelima- selesai]
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Praktek Kerja Industri dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Praktek Kerja Industri diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Praktek Kerja Industri ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.
1.2 Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) [nama sekolah]
4. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.
1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  [nama sekolah] dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3. Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) [nama sekolah].


[lembar keenam-selesai]
BAB 2
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Awal pertama masuk kerja yaitu tanggal [tanggal/bulan/tahun] sampai dengan tanggal [tanggal/bulan/tahun], kami melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah melakukan perbaikan periperal PC (Personal Computer) dimana permasalahan PC (Personal Computer) tersebut, yaitu :
ü Power Suply terbakar;
ü Battrai C’mos motherboard mati;
ü OS (Opesai System) rusak akibat virus; dan
ü Kemudian penginstalan kembali PC (Personal Computer).
Melakukan perakitan komputer yaitu mengidentifikasikan spesifikasi komputer kemudian melakukan formating. Spesifikasi dari komputer tersebut adalah :
ü Prosesor DUAL CORE 3.8 Ghz
ü Motherboard ASUS P5P-VM
ü RAM 1 GB
ü Hard disk 160 GB
ü DVD RW
ü Keyboard + mouse
ü Casing
ü Monitor LCD Sony
Minggu ketiga bulan oktober yaitu tanggal [tanggal/bulan/tahun] sampai dengan tanggal [tanggal/bulan/tahun] yaitu instalasi infus Printer HP adalah pemasangan infus pada catrigde printer HP yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
ü Periksa catrigde printer dan coba print tes satu lembar untuk mengetahui apakah catrigde tersebut masih bagus.
ü Bor bagian catrigde yang akan dipasangkan selang infusnya.
ü Pasangkan karet pada bagian telah dibor tadi.
ü Pasang selang infusnya tetapi sebelumnya biar tinta gampang dan cepat masuk di catrigde printer lebih baik kasih penuh selang dengan tinta dulu.
ü Kamudian pasang catrigde di printer dan perhatikan selang infusannya jangan sampai menghalangi pergerakan catrigde saat mengeprint.
ü Nyalakan printernya dan coba mngeprint untuk memastikan apakah posisi selangnya sudah tidak menghambat catrigde tersebut.
Pada tanggal [tanggal/bulan/tahun] sampai dengan tanggal [tanggal/bulan/tahun] melakukan perbaikan printer Epson C90 dimana yang banyak di temui permasalahan pada printer Epson yaitu:
ü Adaptor terbakar akibat tegangan listrik yang tidak stabil;
ü Head pada printer membeku sehingga tidak mengeluarkan tinta saat mengeprint;
ü Catrigde printer rusak akibat lambat diisi ulang;
ü Minta riset (batas maksimum print habis); dan
ü Tinta banjir akibat tumpah atau tertumpah air.
Melakukan pemasangan tinta infus pada printer Epson, pemasangan tinta infus Epson sangat mudah dari printer lainnya. Misalnya pada printer Canon dan printer HP, printer Epson memiliki banyak kelebihan dan juga ada kelemahannya. Berikut adalah kelebihan printer Epson adalah sebagai berikut :
ü Memiliki cetakannya yang bagus;
ü Awet terhadap tinta;
ü Mudah di headling; dan
ü Tidak mudah rusak pada bagian catrigdenya.
Kelemahannya :
ü Head gampang beku jika berada di daerah dingin;
ü Harus di pakai dalam sehari;
ü Gampang banjir jika posisi tabungan infusnya berada di ketinggian.
Dan untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus perlu kita perhatikan hal-hal sebagai berikut :
ü Tinta, jenis tinta yang tidak berkualitas akan mempercepat rusaknya printhead karena bisa menyebabkan kehausan ataupun mempet sehingga hasil cetakan akan bergaris- garis atau warna tidak keluar. Oleh karena itu, perlu evaluasi kembali jenis tinta yang akan dipakai.
ü Sistem infus, apabila terjadi kemempetan atau tinta tidak keluar bisa juga karena sistem infuse ada masalah, misalnya selang infus tertekuk, posisi terlalu rendah dari pada printernya atau terjadi pengeringan di selang.
Sistem infus yang menggunakan selang sebenarnya kurang begitu praktis apalagi untuk tinta enam warna keatas karena akan menyebabkan lebih seringnya terjadi tinta macet akibat tidak meratanya pemakaian setiap tinta. Oleh karena itu selalu gunakan printer tersebut dengan mengeluarkan semua komposisi warna walaupun tidak ada hal yang penting, hal ini perlu untuk melakukan lebih sering jika tinta yang digunakan berjenis pigment atau sublimasi.
ü Cip kotor, cip yang ada di catrigde printer bisa juga kotor sehingga perlu di besihkan, untuk membersikan cukup gosok dengan penghapus pensil atau tisu asal selalu hati-hati karena cip tersebut sangat sensitif, dan jangan sampai terkena tinta atau air karena bisa konselt.
Tanggal [tanggal/bulan/tahun] sampai dengan penarikan yaitu tanggal [tanggal/bulan/tahun] kami melakukan pembuatan instalasi server, Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan. Server di jaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Keunggulan server
ü Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.
ü Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
ü Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.
Kelemahan server
ü Biaya operasional relatif lebih mahal.
ü Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu
Instalasi jaringan LAN (Local Area Network) dan instalai kabel, LAN merupakan penyambung atau penghubung antara komputer satu dengan komputer lainya. Dari jenis-jenis jaringan yang sering dipakai adalah:
ü Topologi jaringan BUS;
ü Topologi jaringan Ring; dan
ü Topologi jaringan Star.
Dari ketiga jenis jaringan tersebut yang kebanyakan di pakai adalah topologi jaringan star karena topologi jaringan star relatif murah dan konfigurasinya tidak terlalu rumit. Topologi jaringan ini memakai kabel dengan nama kabel UTP dengan konektor RJ45.

[lembar ketujuh-selesai]
BAB 3
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
No
Hari/
Tanggal
Uraian Kegiatan
Keterangan
1.
Rabu, 30/09/09
Menginstal PC
2.
Kamis, 1/10/09
Menginstal Laptop
3.
Jum’at, 2/10/09
Instalasi Infus Printer HP
4.
Sabtu, 3/10/09
Instalasi Infus Printer Epson
5.
Senin, 5/10/09
Instalasi Infus Printer Canon
6.
Selasa, 610/09
Memperbaiki printer Epson C90
7.
Rabu, 7/10/09
Memperbaiki printer Epson T11
8.
Kamis, 8/10/09
Memperbaiki printer Epson TX111
9.
Jum’at, 9/10/09
Merakit PC
10.
Sabtu, 10/10/09
Instalasi Server
11.
Senin, 12/10/09
Instalasi Jaringan
12.
Selasa 13/10/09
Menyusun Gudang
13.
Rabu, 14/10/09
Menyusun toko
14.
Kamis, 15/10/09
Membuat inventaris took
15.
Jum’at, 16/10/09
Memasang tinta infus printer Canon
16.
Sabtu, 17/10/09
Instalasi aplikasi pada laptop
17.
Senin, 19/10/09
Meriset printer Epson
18.
Selasa, 20/10/09
Merakit PC
19.
Rabu, 21/10/09
Menginstal PC
20.
Kamis, 22/10/09
Instalasi infus printer Canon
21.
Jum’at, 23/10/09
Instalasi infus printer HP
22.
Sabtu, 24/10/09
Riset printer Epson TX11
23.
Senin, 26/10/09
Membuat inventaris toko
24.
Selasa, 27/10/09
Merakit PC dan menginstal
25.
Rabu, 28/10/09
Cleaning pada PC
26.
Kamis, 29/10/09
Instalasi infus printer Epson TX11
27.
Jum’at 30/10/09
Back up data dari komputer
28.
Sabtu, 31/10/09
Riset printer canon IP1890
29.
Senin, 2/11/09
Riset printer Epson TX111
30.
Selasa, 3/11/09
Instalasi printer Epson TX11
31.
Rabu, 4/11/09
Instalasi PC
32.
Kamis, 5/11/09
Menginstalasi Laptop
33.
Jum’at, 6/11/09
Memasang RAM pada Laptop
34.
Sabtu, 7/11/09
Instalasi infus printer Canon
35.
Senin, 9/11/09
Riset printer Canon IP1980
36.
Selasa, 10/11/09
Instalasi infus Canon IP1980
37.
Rabu, 11/11/09
Instalasi Laptop
38.
Kamis, 12/11/09
Instalasi Jaringan
40.
Jum’at, 13/11/09
Instalasi PC
41.
Sabtu, 14/11/09
Instalasi infus Printer Epson TX111
42.
Senin, 16/11/09
Backup data dan install PC
43.
Selasa, 17/11/09
Merakit PC
44.
Rabu, 18/11/09
Install PC
45.
Kamis, 19/11/09
Instalasi Infus Canon IP1980
46.
Jum’at, 20/11/09
Instalasi printer Epson C90
47.
Sabtu, 21/11/09
Menyusun gudang
48.
Senin, 23/11/09
Memperbaiki printer Epson TX11
49.
Selasa, 24/11/09
Menginstalsi Laptop
50.
Rabu, 25/11/09
Memperbaiki printer Epson C90
51.
Kamis, 26/11/09
Instalasi infus Canon IP1980
52.
Sabtu, 28/11/09
Install PC
53.
Senin, 29/11/09
Memperbaiki printer Epson TX11
54.
Selasa, 30/11/09
Instalasi infus Epson
55.
Rabu, 1/12/09
Merakit tinta infus Canon
56.
Kamis, 2/12/09
Memperbaiki printer Canon
57.
Jum’at, 3/12/09
Riset printer Epson TX11
58.
Sabtu, 4/12/09
Instalasi infus Epson TX11
59.
Senin, 5/12/09
Peripheral komputer
60.
Selasa, 6/12/09
Instalasi infus Canon IP1980
61.
Rabu, 7/12/09
Instalasi jaringan
62.
Kamis, 8/12/09
Riset printer Epson 1390
63.
Jum’at, 9/12/09
Instalasi PC dan menginstalasi Infus CN
64.
Sabtu, 10/12/09
Instalasi PC
65.
Senin, 11/12/09
Instalasi Infus printer Epson TX111
66.
Selasa, 12/12/09
Memperbaiki printer Canon
67.
Rabu, 13/12/09
Reparasi printer Canon
68.
Kamis, 14/12/09
Mengganti adaptor printer Epson TX11

[lembar kedelapan-selesai]
BAB 3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Sebagai kesimpulan laporan akhir berikut ini adalah:
ü Selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) penulis menukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.
ü Berinteraksi atau mengeluti dunia usaha tidak sangat mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.
3.2. saran
Berikut adalah beberapa saran penulis untuk sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan, yaitu :
ü Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan;
ü Proses pembelajaran ditingkatkan;
ü Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek;
ü Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK [nama sekolah].
Selesai

NB : untuk tulisan yang berwarna merah harap diganti.
Maaf jika ada kekurangan, untuk kekurangannya silakan kalian cari sendiri.
semoga bermanfaat..!!!! 

Contoh Laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar